Bismillah...
Mendapat kesempatan mengunjungi salah satu pulau yang berbatasan langsung dengan Malaysia, Pulau Sebatik itu sesuatu bangeett. Mau oleh-olehnya? Ini diaaa.. Story of Sebatik..hehe
Karena baru kali pertama, perjalanan waktu itu jadi bikin hati penasaran, jantung berdegup kencang, pikiran melayang-layang. #Lebaydikit :D Walaupun sudah terbayang bagaimana perjalanan yang akan dilalui hingga sampai di pulau itu, tapi rasanya pengalaman lebih berkesan dari pada sekadar bayangan (bukan begitu penonton? :D). Menuju bandara Soekarno Hatta di pagi buta, pukul 04.00,saya berangkat dari Rawamangun. Perjalanan yang lumayan panjang. Belum ada pesawat yang langsung mengantar kita ke Tarakan, jadi transit dulu di Bandara Sepinggan, Balikpapan lalu pindah pesawat menuju ke Bandara Juwata, Tarakan. Jakarta-Balikpapan ditempuh sekitar 2 jam, sedangkan Balikpapan-Tarakan hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 jam. Dari Tarakan, bisa langsung ke pelabuhan (saya lupa namanya, hehe) menuju Sei Nyamuk di Sebatik dengan speed boat. Sei dalam bahasa Indonesia berarti "sungai".
Belum pernah ngebayangin bisa ketemu sama pakar-pakar bahasa. Ngebayangin akan ketemu aja ga pernah,tapi kali ini bener-bener rezeki. Saya memang memaknainya sebuah rezeki, karena bagi saya rezeki tidak hanya soal harta tapi ilmu, itu yang paling bermanfaat. Sekarang, lagi konsinyasi menggarap pekerjaan tentang penelitian sejarah bahasa Indonesia dan di depan saya dalam jarak beberapa jengkal, duduklah mereka..pakar-pakar bahasa yang Wow! *agak lebay tapi saya memang kagum*. Baru berapa jam ketemu mereka hari ini, tapi daritadi yang kepikiran adalah berapa jam mereka baca buku sehari dan berapa buku yang mereka baca itu. Dengerin mereka bicara yang ga pernah habis berisi wawasan soal kebahasaan. Wuihh, Prof. Harimurti...bapak ga ngantuk ya baca buku terus? --> pertanyaan yang pengen diajuin tapi cuma dalam hati :p
Hampir semua pertanyaan yang diajuin di forum ini, beliau komentari secara pas dan pasti. Bener-bener mencerminkan seorang pakar. *ya iyalaahh... Usianya tidak membatasi dia untuk beraktivitas. Walaupun yang lihat kasian tapi beliau tetap keliatan semangat. Ga keliatan ngantuk kaya teman2 satu tim ini, termasuk saya..hehehe... *ketua timnya aja udah tidur :D
Kadang jadi merasa malu, belum bisa menghasilkan apa-apa. Nulis ini aja ga ada substansinya, tapi saya mencoba menghilangkan rasa ngantuk dengan menulis. Inget kalimat yang barusan beliau katakan "Baca seperti apa yang tertulis, tulis seperti apa yang dibaca". Kalau saya, write what you think, think what you do, do what you want..hehehe, ga nyambung ya...
Begitulah, intinya...orang nakal banyak akal. Nah loh?!! makin ga nyambung kan, nulis apa...judulnya apa.. maksudnya orang lagi rapat, lagi konsinyasi, pakar lagi ngomong, saya malah nulis biar ga ngantuk. Dampaknya, malah dikira buat laporan forum sama pak Hari...sambil menunjuk dan tersenyum tiba-tiba beliau bilang "Sudah buat kan laporannya ya?" walah! tepok jidat... cuma bisa cengar-cengir..dalam hati bilang, mesti cari akal kan orang nakal. hahaha...
udah ah, cukup sekian dan terima kasih... forum ditutup :p
Lagi bosan, menunggu waktunya pulang. Ga tau kenapa hari ini ga terlalu semangat, mungkin karena suhu tubuh dan tenggorokan mulai menunjukkan gejala2 flu. Pengen pulang, tapi nanti dulu. Kangen sama "partner in crime" yang baru hari ini cuti. Huaaahh, ga jelas banget mau ngapain. Lihat air minum di gelas udah abis, mau bangun, bediri, dan melangkah rasanya lelah padahal untuk sekedar ambil minum jaraknya cuma berapa langkah. Ada kastanyel, oleh-oleh partner sebelum cuti, tp mulut kaya malas mengunyah. Ada kopi di laci tapi ga ngantuk jadi disimpan buat nanti-nanti. Ada apalagi ya, teks book bahasa Inggris..walah makin males lagi walaupun hanya sekedar baca. Buka-buka foto di file, buka-buka jejaring sosial, semuanya membosankan :(
Karena ga ada yang menarik, tangan terus2an gerakin kursor walaupun sebenarnya saya tahu kalau gerak motorik dan pikiran ini ga sinkron. Liat profil teman dan fotonya ketika di bali. Tiba-tiba, jrengg!! BALI!! haahh..berapa kali hampir ke sana, tapi ga pernah jadi.. :(
Hahaha..
Datang ke kantor masuk ruangan, taruh tas..buka laptop, buka dokumen tugas-tugas..kemudian sudah mulai obrolan bersama teman. Sebenarnya sih bukan obrolan, tp hanya sekedar memanggil untuk membaginya sarapan yang dibawa dari rumah. hehe..alesan aja.
Trus teman datang, ngeliat tas di atas meja lalu berkomentar.."Hiihiy..eno tasnya, cie ciee.." Bingung, emang ada yang salah ya, pikirku. Teman berkata lagi, "Biasanya tas ransel, tas ranselnya ke mana, no?" Oh..kayanya dia heran sm tas yg kubawa hari ini..Memang hari ini sudah diniatkan tuk tidak menggunakan tas ransel karena kemarin sore rasanya sangat capek bawa tas ransel berisi laptop dan pulang naik bus dalam keadaan berdiri. Akhirnya, malam hari berpikir untuk mengistirahatkan sementara tas ranselku..padahal yg capek orgnya, kenapa yg rehat tasnya ya.. :D
Lanjuuut..
si teman yang kusapa mba itu bilang lagi, "tumben bgt no..tasnya cewek"
"iya, mba..kemaren kan tas ranselnya kebesaran, trus pulang di bus berdiri, pegel-pegel.." jawabku.
Ga lama ribut2 berdua, seorang senior yg kusapa ibu datang..
"Ada apa sih, ko rame bgt.."(mungkin maksudnya seru banget)
"Ini, bu..si eno bawa tasnya tas cewe..biasanya kan macho, bawa tas ransel", kata temen.
"Hahaha.." aku, cuma bisa ketawa. Merasa banget diledekin..
"Mana coba.."(sambil ngelirik dan angkat2 tas yg kubawa, si ibu berpose mencobanya)dan bilang lagi "oh iya, ya..Nah, GITU DONK SESEKALI JADI PEREMPUAN"
What??!! emang selama ini, saya perempuan jadi-jadian, bu??...
Sebuah mimpi tentangnya beberapa hari yang lalu..
IBU..
Malam kemarin aku bermimpi tentangmu..
Aku sedang tertidur dikasurnya yang tak pernah ia protes jika selimut yg biasa menyelimuti ibu kupakai
Ibu beranjak pergi ke mesjid untuk subuh berjamaah dan meninggalkan aku yang sedang tertidur setengah sadar karena sakitku..
Ibu bilang, "Ibu ke mesjid dulu, ya dek.."
dengan lirih ku jawab, "iya.."
dan aku pun tertidur lagi..